Peluang Besar Digital Marketing dalam Era Teknologi dan Komunikasi yang Sangat Pesat

DIGITAL MARKETING

Digital marketing merupakan media yang sangat bermanfaat bagi entrepreneur di era kemajuan teknologi yang sangat pesat seperti sekarang ini dalam mengembangkan suatu produk usaha. Di era pandemi seperti saat ini digital marketing lebih memudahkan wirausahawan dalam menjangkau konsumen yang jauh, mempersingkat waktu, bisa memasarkan produk lewat media digital, dan juga lebih fleksibel.

Nah disini saya akan membahas tentang digital marketing. Digital Marketing adalah segala bentuk usaha memasarkan atau mempromosikan barang atau jasa lewat teknologi digital, terutama internet. Ada sebuah kutipan dari Jean Claude Junker bahwa “The internet and digital technologies are transforming our world. Digital technology has to be our future”. Dikutipan tersebut kita bisa mengetahui saat ini dunia sudah dikuasai oleh internet dan teknologi nah jika kita ingin menguasai masa depan kita juga harus bisa menguasai digital teknlogi. Manusia juga harus bisa beradaptasi terhadap perubahan yang ada termasuk dengan digital teknlogi saat ini yang berkembang sangat pesat.

Pentingnya entrepreneur muda Indonesia mempelajari dan mempertimbangkan terhadap data yang di dapatkan pada tahun 2019 dimana pada saat itu masyarakat Indonesia yang berjumlah 268,2 juta jiwa itu, 150 juta jiwa diantaranya sudah menggunakan internet dan juga sudah menggunakan sosial media. Kemudian ada ada juga data pada tahun 2020, populasi masyrakat Indonesia bertambah sebanyak 1,1% atau sekitar 2,9 juta jiwa dan ini juga mempengaruhi data manusia yang menggunakan internet sebanyak 17% dan sosial media sebanyak 8,1%. Seharusnya entrepreneur bisa memiliki pandangan positif atau menjadikan hal ini sebagai peluang baru agar lebih efektif dan lebih efisien. Rata – rata kita sebagai orang Indonesia menggunakan gadgetnya untuk mengakses internet kurang lebih sekitar 8 jam 30 menit per harinya, entrepreneur muda Indonesia bisa melihat hal ini sebagai peluang untuk memasarkan dan mempromosikan produknya lewat media digital yang kita tawarkan.

Nah ada juga data pada tahun 2019 tentang beberapa sosial media platform yang banyak digemari pengguna media sosial seperti youtube, whatsapp, instagram, facebook, line, twitter, tiktok dan lainnya. Hal ini bisa menjadi informasi dan peluang bagi entrepreneur untuk bisa memasarkan produk usahanya lewat iklan melalui internet ataupun sosial media yang digemari oleh pengguna sosmed.



Data beberapa sosial media platform yang digemari oleh pengguna sosmed.







Beberapa hal yang bisa kita lakukan dan bermanfaat dalam mengembangkan bisnis yaitu dengan menggunakan konsep SOSTAC Marketing Diagram.


1. Situation Analysis menjelaskan tentang posisi kita saat ini.
2. Objectives yaitu mencari tau tentang tujuan usaha yang kita jalankan.
3. Strategy suatu cara mencapai tujuan yang sudah kita buat.
4. Tactics yaitu mempersiapkan cara untuk mencapai tujuan.
5. Actions yaitu detail taktik yang akan dilakukan.
6. Controls nah dalam hal inilah kita harus bisa mengendalikan langkah - langkah di atas yang telah kita buat.
Hal ini sangat bermanfaat bagi entrepreneur muda untuk bisa mengembangkan produk usahanya lewat digital marketing.

Dalam hal digital marketing ini kita tidak bisa hanya memikirkan kelebihan dari digital marketing saja, akan tetapi digital marketing ini juga memiliki kekurangannya yaitu
Kelebihan:
1. Memudahkan kegiatan pemasaran.
2. Pemasaran lebih efektif dalam menjangkau customer.
3. Biaya iklan sangat murah
.
Kekurangan:
1. Membutuhkan passion.
2. Sulit diterapkan tanpa pengetahuan dan pengalaman.
3. Kreatifitas dipertaruhkan.
Nah maka dari itu entrepreneur muda harus bisa mencari solusi dalam kekurangan ini agar dapat diatasi dan bisa mengembangkan produk usaha menjadi lebih baik lagi.



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengendalian Evaluasi Kinerja Usaha UMKM

Indonesia Memiliki Visi Besar Tahun 2045!!!